Pengertian BotNet, Cara Kerja BotNet dan Tools BotNet

Januari 22, 2017
BotNet

    Halo sobat IT, jumpa lagi dengan saya. Kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan mengenai BotNet,
saya kasih bonus Tools untuk BotNet juga sob. Sobat IT sudah pernah mendengar kata BotNet belum? Sebelum saya menjelaskan tentang BotNet, mari kita lihat terlebih dahulu asal usul kata BotNet.

    BotNet terdiri atas dua kata yaitu Robot dan Network  dan disatukan menjadi roBot Network. Kata robot diguanakan karena cara kerja dari BotNet yang memang seperti robot, sebuah program yang bisa bekerja sendiri  berdasarkan program yang tertanam didalamnya.

    Bots digunakan untuk banyak keperluan karen a sifatnya yang bisa bekerja sendiri dan yang paling banyak berkeliaran adalah Bots dari search engine seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain. Bots ini bekerja secara otomatis dengan mengunjungi dan mengindeks website-website yang ada di dunia ini sehingga data tersebut bisa dimasukan ke dalam database search engine.

    Bots yang saling terhubung  dan bekerja bersama inilah yang dinamakan sebagai BotNet dan mereka biasanya merupakan pasukan Zombie. Tugas yang paling sering digunakan oleh para penjahat Cyber adalah melakukan serangan DDoS (baca selengkapnya mengenai apa itu serangan DDoS) selain tugas-tugas lain yang tidak kalah menyebalkan seperti mengirim SPAM, mencuri data dari kartu kredit, mencuri klik demi mendapatkan uang dari iklan dan lain sebagainya.

Ilustrasi BotNet

    Banyak yang berlomba-lomba menjadi pemilik BotNet yang paling banyak dengan berbagai cara. Penyebaran BotNet sendiri banyak dilakukan dengan cara ilegal seperti melalui software bajakan yang telah disusupi Worm dan lain-lain. Dengan menyusupi software bajakan misalnya, adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan terutama jika ada program Aplikasi atau Games Populer misalnya.

   Banyaknya pengguna software bajakan menjadi sasaran empuk. Jadi, sobat harus berhati-hati saat akan mendowload game atau aplikasi ya, saran saya pakailah software yang asli entah itu Game atau Aplikasi, agar aman.

Mekanisme BotNet

   Hacker pembuat BotNet biasanya mempunyai software yang disebut Pusat Komando dan Kendali Bot (Bot command & control center) untuk mengendalikan jaringan BotNet yang dibuatnya. Hacker mengirimkan perintah-perintah ke pasukan Zombie melalui Pusat Komando ini.

   Dalam dunia BotNet ada istilah Bos untuk menyebut orang yang menjadi otak atau perencana sebuah serangan BotNet. Hacker yang memiliki pengetahuan teknis unutk membuat dan menjalankan BotNet biasanya adalah orang yang dibayar oleh si Bos ini. Bos sendiri biasanya tidak terlibat langsung dalam serangan.

   Hacker dibayar untuk mencari kelemahan pada situs-situs populer agar bisa di infeksi dengan program Virus, Trojan, Worm, dan Keylogger yang mengandung program Bot. Komputer yang tidak terproteksi dengan baik akan terinfeksi oleh program Bot sehingga akhirnya menjadi bagian dari BotNet. Untungya situs saya bukan situs populer, jadi aman dari ancaman para Hacker :v

   Hacker bisa melakukan apa saja dengan BotNet nya, mulai dari melakukan serangan DoS untuk tujuan pemerasan atau melakukan serangan SPAM, hingga menyewakan jaringan BotNet nya kepada orang lain. Informasi penting dari komputer korban biasanya juga dirampas, seperti data kartu kredit, data perbankan, password situs, dan lain-lain.

   BotNet saat ini sudah dipakai untuk beragam tindak kejahatan Cyber seperti pemerasan, SCAM, SPAM, pencurian data, sampai pembajakan. Jadi, sobat semua harus berhati-hati dengan internet, karena banyak sisi kelam dari dunia internet.

Cyber Crime BotNet

   Berikut saya akan membagikan Tools BotNet beserta link downloadnya. Jangan disalah gunakan ya sobat.

1.    Zeus BotNet (RAT)

Aplikasi Zeus BotNet

      Link downlaod: http://www.hacking-tutorial.com

2.    Poison Ivy (Botnet Command Control Center)

Aplikasi Poison Ivy

      Link download: http://www.poisonivy-rat.com/

3.    PlugBot (BotNet Trojan)

Hardware PlugBot

      PlugBot ini tool BotNet berbentuk prangkat keras yang dibuat oleh Jeremiah Talamantes, pakar Scurity dari Minnesota, Amerika Serikat.

4.    Illusion Bot (Botnet Trojan)

Review Illusion Bot

      Link download: http://free-uploading.com

    Silahkan sobat bisa mendownload Tools BotNet pada link diatas, untuk cara menggunakannya biasanya sudah tertera didalamnya, jika tidak tersedia sobat bisa browsing-browsing di Google.

    Kesimpulannya, kita harus berhati-hati dalam menggunakan Internet, karena banyak sisi kelam di didalam dunia internet. Gunakanlah teknologi sebijak mungkin agar bermanfaat, dan jangan sesekali memanfaatkan teknoligi untuk kejahatan.

    Sekian artikel dari saya mengenai BotNet, semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan sobat. Maaf jika artikelnya masih kurang lengkap, jumpa lagi pada artikel selanjutnya. Jangan lupa untuk di Like, Share, and Koment ya.. Terimaksih 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar